Senin, 18 Mei 2009

campion

MILAN - Perburuan scudetto Serie A musim 2008-2009 berakhir kemarin dini hari WIB (17/5). Inter Milan dipastikan mempertahankan gelar juara Serie A empat kali secara beruntun. Nerazzurri -sebutan Inter Milan- merebut Scudetto Ke-17 Serie A setelah AC Milan tumbang saat menyerah 1-2 di kaki pemain Udinese di Stadion Friulli kemarin dini hari WIB.

Kekalahan itu membuat Milan gagal memperpendek ketinggalan tujuh angka dari Inter. Sebaliknya, dengan unggul tujuh poin dari Milan, Inter sulit dibendung meski Serie A menyisakan dua laga. Penggawa Inter tidak perlu menunggu hasil bentrok dengan AC Siena dini hari tadi WIB.

Keberhasilan merebut scudetto kali keempat beruntun menunjukkan dominasi Inter setelah Italia diguncang skandal calciopoli pada 2006. Inter juga sudah menyamai jumlah scudetto milik rival sekotanya, Milan, sebanyak 17 kali.

Scudetto dua klub asal Kota Milan itu hanya kalah banyak dari Juventus yang sudah mengemas 27 kali. Tapi, Inter patut bangga karena mampu menyamai rekor empat scudetto beruntun yang pernah dicapai Torino 60 tahun lalu.

Ya, Granata -julukan Torino- merupakan klub yang pernah merajai Liga Italia pada era 1940-an. Setelah Perang Dunia II, Torino tampil sebagai juara empat musim beruntun di Liga Italia, sebelum kecelakaan pesawat menimpa skuad Torino pada 4 Mei 1949.

Selain prestasi hebat bagi Inter, sang allenatore (pelatih) Jose Mourinho juga mencatatkan diri sebagai pelatih asing pertama yang merebut scudetto pada musim pertamanya. Dia mampu menjadikan Inter sebagai tim yang konsisten.

Sebelumnya, Cestmir Vycpalek pernah melakukannya, tapi tidak dari awal musim. Vycpalek membawa Nyonya Tua -sebutan Juventus- merebut scudetto pada 1972. Dia melatih klub beberapa bulan saja setelah pelatih Juventus Armando Picchi meninggal.

"Musim pertama saya di Italia sungguh bukan hal yang mudah. Sungguh sangat membahagiakan ketika merebut gelar untuk kali pertama, apalagi saya adalah satu-satunya pelatih asing dari 20 tim di Serie A sekarang," papar Mourinho seperti diwartakan Channel4.

Dengan keberhasilan itu, sekarang pelatih asal Portugal tersebut sedang berupaya keras melampaui rekor Fabio Capello yang pernah memenangkan gelar di dua kompetisi top Eropa, Spanyol dan Italia. (ham/aww)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

ulum blog © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu