Senin, 18 Mei 2009

liga primera

Real Madrid Keok, Barca Kunci Gelar
BARCELONA - Gelar Liga Primera Spanyol 2008/2009 resmi menjadi milik Barcelona. Itu seiring kekalahan 2-3 Real Madrid saat melawan Villarreal di Stadion El Madrigal kemarin dini hari (17/5). Kekalahan itu membuat Real tak mungkin lagi mengejar jumlah poin El Barca -julukan Barcelona.

Setelah menyelesaikan laga ke-36, Real mengemas 78 poin. Saat ini Barca mengoleksi 86 poin dan baru menjalani laga ke-36 melawan Mallorca dini hari tadi. Apa pun hasil yang diraih Barca tak lagi berpengaruh dalam perburuan gelar. Keunggulan delapan poin Barca tak mungkin disalip Real dalam dua laga sisa.

Ini adalah gelar ke-19 Barca di Liga Primera. Gelar tersebut sekaligus yang kedua bagi Barca musim ini. Pekan lalu tim besutan pelatih Pep Guardiola itu merebut trofi Copa del Rey alias Piala Raja Spanyol setelah menang 4-1 atas Athletic Bilbao.

Itu adalah kali kelima Barca meraih dua gelar di tahun yang sama. Carles Puyol dkk masih berpeluang menambah gelar di Liga Champions. Barca akan melawan Manchester United pada partai final di Stadion Olimpico, Roma, Italia, 27 Mei nanti.

''Ini adalah salah satu musim terbaik kami. Saya telah mengucapkan selamat kepada Pep Guardiola. Saya juga mengucapkan selamat untuk Carles (Puyol) serta seluruh pemain dan staf teknis. Ini adalah saat-saat yang harus dinikmati,'' tutur Presiden Barcelona Joan Laporta seperti dilansir AFP.

Laporta berharap agar pesta Barca berlanjut dengan menjadi jawara Liga Champions. Perjuangan Barca memang tidak mudah. Sebab, United juga berambisi merebut gelar yang sama. Sama dengan Barca, United baru saja mengunci gelar Premier League Inggris.

''Tim ini sangat meyakinkan dan kami yakin bisa meraih tiga gelar yang bersejarah. Pep (Guardiola) memberi tahu saya bahwa para pemain kami memiliki banyak waktu untuk bersiap,'' ujar orang nomor satu di Barcelona tersebut.

Menurut Laporta, final Liga Champions adalah momen yang sangat ditunggu oleh kubu Barca dan penggila bola di seluruh dunia. ''Semua orang menginginkan final ini. Ini adalah final impian. Menampilkan dua tim yang berbeda gaya, tapi sama-sama pantas mendapatkan gelar,'' ujarnya.

Jika berhasil merebut trofi Liga Champions, Barca bakal mengukir sejarah. Yakni, menjadi klub Spanyol pertama yang merebut gelar Copa del Rey, Liga Primera, dan Liga Champions dalam satu musim. Real Madrid boleh berjaya dengan sembilan kali menjadi juara Eropa. Tapi, belum sekali pun mereka meraih tiga gelar dalam satu musim.

Sementara itu, pesta perayaan gelar pendukung Barca kembali memakan korban. Sebanyak 65 orang ditahan dan 51 lainnya cedera dalam rangkaian pesta fans Barca yang menyambut kemenangan tim pujaannya.

Insiden itu mengulang kejadian serupa saat perayaan sukses Barca merebut gelar Copa del Rey pekan lalu. Kala itu seorang meninggal dan 45 lainnya ditahan karena terlibat bentrok dengan aparat keamanan. (ali/ca)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

ulum blog © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu